Skip to main content

PROGRAM KERJA TAHUNAN PERPUSTAKAAN

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kekuatan dan petunjuk kepada kami sehingga program kerja pada Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 ini dapat tersusun. Program kerja ini tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak antara lain :
1.      Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gombong
2.      Dewan Guru SMP Negeri 2 Gombong
3.      Karyawan/i SMP Negeri 2 Gombong
4.      Petugas Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong
Tentu saja kami menyadari bahwa progam kerja ini masih mengalami ketidak sempurnaan. Oleh karena itu Kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak direalisasikan untuk kemajuan/untuk meningkatkan Perpustakaan “Citra R. Roesman” SMP Negeri 2 Gombong.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya program Kerja Tahun Pelajaran 2019/2020 ini Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong turut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan dan Sumber Daya Manusia yang handal.

                                                                                          Gombong, 28 Juli 2019
                                                                                          Kepala Perpustakaan

                                                                                          Tri Juri, S. Pd
                                                                                          NIP. 19661024 200312 1 001

PENDAHULUAN

Kemajuan global yang terjadi saat ini berjalan begitu cepat diberbagai bidang kehidupan manusia. Termasuk yang saat ini sangat penting adalah bidang pendidikan, karena dengan pendidikan seseorang mampu menjadi manusia yang berkualitas. Salah satu fasilitas pendukung yang dianggap penting adalah buku. Dan lewat perpustakaan diharapkan suatu ilmu bisa kita peroleh dengan cara membaca buku. Selain sebagai tempat membaca buku diharapkan perpustakaan dapat berfungsi sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar, pusat penelitian, dan rekreasi.
Dalam perjalanannya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Gombong, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, SMP Negeri 2 Gombong mendirikan sebuah perpustakaan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan yang dimiliki oleh SMP Negeri 2 Gombong bernama Perpustakaan “CITRA ” yang berdiri sejak tahun 1985 dan diprakarsai oleh Ibu Sri Sukesi. Dan sejak tahun 2011 Perpustakaan Citra berubah menjadi Perpustakaan Citra R. Roesman berkat bantuan dari Bapak Soeroyo Bimantoro dan keluarganya.
Keberadaan ruang perpustakaan di SMP Negeri 2 Gombong dikatakan sudah cukup memadai. Pada tahun pelajaran 2005/2006 perpustakaan dipindah tempat dari ruang lama keruang yang baru. Walaupun sudah menempati ruang baru, lebih besar dan bagus tapi Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu masih perlu pembenahan disana sini untuk meningkatkan Perpustakaan  Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong.
Untuk tahun pelajaran 2019/2020, Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong berupaya untuk mengatasi berbagai kekurangan dan kendala yang ada dengan menyusun rencana/program kerja yang penekanannya pada upaya peningkatan mutu pendidikan.

A.    DASAR
  1. Undang-undang nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0103/0/1981 tentang pokok-pokok kebijakan pembinaan dan pengembangan perpustakaan di Indonesia.
B.     VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
Visi :
-          Menjelajah Dunia dengan Membaca
Misi :
-          Menciptakan Warga Sekolah yang Gemar Membaca
Tujuan :
-          Terwujudnya Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong yang berkualitas serta berdaya guna dan berhasil guna sesuai kebutuhan.
-          Tercapainya minat baca di SMP Negeri 2 Gombong
-          Tercapainya peningkatan kualitas sumber daya manusia di SMP Negeri 2 Gombong
-          Terbebasnya masyarakat SMP Negeri 2 Gombong dari ketertinggalan arus informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi serta keimanan dan ketakwaan.
Sasaran :
-          Terwujudnya perpustakaan yang berkualitas serta berdaya guna dan berhasil guna.
-          Tercapainya minat baca masyarakat yang semakin meningkat.


C.    PROGRAM KEGIATAN
      A.  Struktur Organisasi (Gambar sesuai dengan perpustakaan masing-masing)

B.  Rincian Tugas Personil

1)      Kepala Sekolah
Kepala Sekolah bertugas dan bertanggung jawab penuh tentang penyelenggaraan dan pengajaran yang telah diprogramkan.

2)      Kepala Bagian Perpustakaan Sekolah
a.       Bertugas dan bertanggung jawab penuh tentang penyelenggaraan dan pengolahan seluruh unit perpustakaan sekolah.
b.      Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja dan tata hubungan seluruh staff perpustakaan sekolah.
c.       Menetapkan kebijaksanaan – kebijaksanaan intern yang khusus dalam bidangnya.
3)      Dewan Pustaka
Menyediakan sarana, memberikan pengarahan/nasehat pertimbangan, kritik kepada kedua bagian perpustakaan sekolah, baik diminta maupun tidak. Dewan ini terdiri dari pimpinan sekolah dewan guru, kelompok (bidang studi) yang sejenis, oang tua murid, orang lain yang memiliki keahlian dan yang berminat.
4)      Urusan Pengadaan
Urusan Pengadaan Bertugas :
a.       Menambah koleksi perpustakaan
b.      Menyeleksi koleksi perpustakaan
c.       Menerima saran dan permintaan dari pada pemakai
d.      Memperhatikan dan menanggapi selera pemakai
e.       Mengadakan kerjasama dengan instansi-instansi lain
f.       Inventarisasi buku-buku baru
5)      Urusan Pengolahan
Urusan pengolahan bertugas untuk memproses buku yang diterima sehingga siap digunakan, yang meliputi :

a.       Membubuhi cap
b.      Menetapkan nomor klasifikasi buku ( call number )
c.       Membubuhi nomor buku
d.      Menyiapkan kartu catalog, kartu buku, kantong buku
e.       Buku, kartu tanggal dan sebagainya
6)      Urusan Pemeliharaan
Urusan pemeliharaan bertugas untuk :
a.       Mangatur buku ( shelving )
b.      Menjaga kebersihan ruang beserta isinya
c.       Menjaga keselamatan buku
d.      Memperbaiki keselamatan buku
e.       Memperbaiki kerusakan-kerusakan buku
f.       Menjilid buku, majalah, surat kabar, dan sebagainya.
7)      Urusan Pelayanan
Bertugas untuk :
a.       Melayani permintaan kartu anggota
b.      Melayani pengunjung kartu anggota
c.       Melayani peminjaman dan pengambilan
d.      Melayani pegunjung dalam ruang baca
e.       Melakukan penagihan
f.       Nenbuat laporan kegiatan
      C.   Program Masing-masing Bidang Kegiatan
a.       Pelayanan Tekhnis
Kegiatan – kegiatan yang diprogramkan antara lain :
1.      Pengadaan bahan pustaka
2.      Inventarisasi bahan pustaka
3.      Klasifikasi bahan pustaka
4.      Pemberian identitas bahan pustaka
5.      Pemberian kelengkapan bahan pustaka
6.      Penjajaran bahan pustaka
b.      Pelayanan Sirkulasi
Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan antara lain :
1.      Penerimaan anggota baru perpustakaan
2.      Pelayanan peminjaman bahan pustaka
3.      Pelayanan pengambilan bahan pustaka
4.      Pelayanan Layanan referensi
5.      Pelayanan bahan rujukan
c.       Administrasi
Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan antara lain :
1.      Pelaporan statistik pengunjung perpustakaan
2.      Pelaporan statistik peminjam
3.      Pelaporan statistik buku yang dipinjam
4.      Pengelolaan keuangan perpustakaan sekolah
5.      Penyampaian laporan keuangan perpustakaan
6.      Pendataan anggota perpustakaan
7.      Pendataan sarana dan prasarana perpustakaan
8.      Pendataan koleksi bahan pustaka perpustakaan
d.      Sarana dan Prasarana
Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan antara lain :
1.      Penggunaan ruangan
2.      Pemeliharaan ruangan
3.      Pengadaan majalah dinding
4.      Pemeliharaan sarana dan prasarana
5.      Pemeliharaan bahan pustaka
e.       Bidang Humas
Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan antara lain :
1.      Konsultasi dengan pihak sekolah
2.      Pengembangan minat baca siswa
3.      Kerja sama dengan perpustakaan sekolah
4.      Pomosi perpustakaan
f.       Bidang Ketatalaksanaan
Administrasi perpustakaan :
1.      Buku pengunjung perpustakaan
2.      Buku induk/inventaris koleksi perpustakaan
3.      Buku peminjaman dan pengembalian
4.      Buku keuangan perpustakaan
5.      Buku induk anggota perpustakaan
6.      Buku pembayaran denda
      D.  Program Khusus
a.       Study Banding
Maksud dan tujuan dari studi banding ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan kondisi dari perpustakaan tersebut dari dekat/perpustakaan yang menjadi tempat studi banding , serta mengetahui cara bagaimana mengelola perpustakaan yang baik dan benar.
b.      PerpustakaanTematik
Perpustakaan tematik merupakaan suatu konsep penataan ruang berdasarkan tema tertentu yang dilaksanakan pada special event. Tujuannya adalah menjadikan perpustakaan sebagai salah satu sarana belajar menarik yang dapat merangsang kemampuan siswa baik kognotif, afektif maupun psikomotor.
Perpustakaan tematik berisi artikel, selebaran, puisi, gambar, buku-buku khusus, ensiklopedi dan hasil karya anak yang berhubungan dengan tema pada event tersebut. Kegiatannya meliputi: pembuatan kliping, puisi, pengumpulan aneka gambar yang berhubungan dengan tema pada event tersebut. Program ini akan di laksanakan pada saat Hari Kemerdekaan RI, Hari Besar Keagamaan, dan Hari Pendidikan Nasional
c.       Hadiah
Memberikan penghargaan kepada anak didik yang paling sering meminjam buku perpustakaan sebagai peminjam aktif 1, 2, dan 3 yang dinilai dalam kurun waktu setiap tahun pelajaran.
Tujuannya  yaitu dalam upaya untuk meningkatkan motivasi dalam membaca, yang ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar yang sesuai dengan potensi siswa.

d.      Kerjasama Perpustakaan
Pengertian kerjasama perpustakaan adalah pemanfaatan bersama sumber daya yang dimiliki perpustakaan dengan perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong.
e.       Saturday Open Minded
Program layanan perpustakaan setiap hari Sabtu bagi masyarakat umum yang ingin mmenjelajah dunia dengan membaca di Perpustakaan Citra R.Roesman SMP Negeri 2 Gombong.


PENUTUP

  1. Kesimpulan
Uraian diatas dapat disimpulkan bahwa program kerja tahunan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong ini menyangkut 3 unsur pokok yaitu manusia sebagai unsur pokok, material sebagai unsur pendukung pelaksanaan dan program kerja sebagai pedoman/acuan dari setiap kegiatan
Unsur utama dari pelaksanaan kegiatan meliputi petugas perpustakaan, guru/karyawan, siswa, kepala sekolah dan pihak lain seperti pemerintah maupun swasta. Peran serta yang aktif dari semua pihak sesuai dengan tugas dan fungsinya sangat diharapkan tanpa kerja sama yang baik antara pihak yang terkait, maka tujuan seperti yang tertera dalam Program Kerja Tahunan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong tahun pelajaran 2019/2020 sulit untuk dicapai.
  1. Saran – saran
a.       Progam kerja tahunan ini harap dipahami oleh semua unsur yang terkait, selanjutnya dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
b.      Dengan diterbitkannya program kerja tahunan sekolah ini diharapkan semua unsur yang terkait didalamnya dapat mengevaluasi tugasnya masing-masing, baik pada waktu diperlukan atau pada waktu tertentu secara berkala.
c.   Agar para petugas perpustakaan dapat membantu kepala perpustakaan didalam mengembangkan dan membina kekeluargaan yang harmonis diantara unsur terkait dalam melaksanakan tugasnya dapat saling arah, saling asih dan saling asuh. Sehingga dapat mencerminkan iklim kerja yang kondusif dan pada akhirnya tujuan perpustakaan dapat tercapai.


Comments

Popular posts from this blog

CONTOH LAPORAN BULANAN PERPUSTAKAAN

KATA PENGANTAR             Puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa laporan bulanan perpustakaan “Citra R. Roesman” SMP Negeri 2 Gombong telah selesai disusun dan dicetak sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban institusional kepada kepala sekolah dan sekaligus sebagai dokumen evaluasi diri bagi perpustakaan untuk upaya perbaikan yang berkelanjutan di masa mendatang.             Pelaporan ini memuat   3 hal pokok yaitu (1) Bab 1 Pendahuluan, (2) Laporan   Triwulan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong Tahun Pelajaran 2019/2020 (3) Bab III Penutup.

CONTOH LAPORAN TRIWULAN PERPUSTAKAAN

KATA PENGANTAR             Puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa laporan triwulan perpustakaan “Citra R. Roesman” SMP Negeri 2 Gombong telah selesai disusun dan dicetak sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban institusional kepada kepala sekolah dan sekaligus sebagai dokumen evaluasi diri bagi perpustakaan untuk upaya perbaikan yang berkelanjutan di masa mendatang.             Pelaporan ini memuat   3 hal pokok yaitu (1) Bab 1 Pendahuluan, (2) Laporan   Triwulan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong Tahun Pelajaran 2019/2020 (3) Bab III Penutup.             Pelaporan ini dihasilkan dari kerja secara kolaboratif dengan semua petugas yang ada di Perpustakaan Citra R.Roesman SMP Negeri 2 Gombong agar dapat disajikan secara faktual dan utuh namun cukup rinci untuk menjadi kajian evaluasi bagi kepala sekolah, para stakeholder, pengguna serta bagi perpustakaan sendiri.             Besar harapan kami agar laporan bulanan ini dapat dimanfaatkan untuk kebaikan dimasa m