KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah
kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah
memberikan kekuatan dan petunjuk kepada kami sehingga program kerja pada
Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong untuk Tahun Pelajaran 2019/2020
ini dapat tersusun. Program kerja ini tersusun berkat bantuan dari berbagai
pihak antara lain :
1.
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gombong
2.
Dewan Guru SMP Negeri 2 Gombong
3.
Karyawan/i SMP Negeri 2 Gombong
4.
Petugas Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong
Tentu
saja kami menyadari bahwa progam kerja ini masih mengalami ketidak sempurnaan.
Oleh karena itu Kami mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak
direalisasikan untuk kemajuan/untuk meningkatkan Perpustakaan “Citra R. Roesman”
SMP Negeri 2 Gombong.
Demikian
yang dapat kami sampaikan, semoga dengan adanya program Kerja Tahun Pelajaran
2019/2020 ini Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong turut serta
dalam meningkatkan mutu pendidikan dan Sumber Daya Manusia yang handal.
Gombong,
28 Juli 2019
Kepala
Perpustakaan
Tri
Juri, S. Pd
NIP.
19661024 200312 1 001
PENDAHULUAN
Kemajuan
global yang terjadi saat ini berjalan begitu cepat diberbagai bidang kehidupan
manusia. Termasuk yang saat ini sangat penting adalah bidang pendidikan, karena
dengan pendidikan seseorang mampu menjadi manusia yang berkualitas. Salah satu
fasilitas pendukung yang dianggap penting adalah buku. Dan lewat perpustakaan
diharapkan suatu ilmu bisa kita peroleh dengan cara membaca buku. Selain
sebagai tempat membaca buku diharapkan perpustakaan dapat berfungsi sebagai
pendukung kegiatan belajar mengajar, pusat penelitian, dan rekreasi.
Dalam
perjalanannya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2
Gombong, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, SMP Negeri 2 Gombong mendirikan
sebuah perpustakaan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan
yang dimiliki oleh SMP Negeri 2 Gombong bernama Perpustakaan “CITRA ” yang
berdiri sejak tahun 1985 dan diprakarsai oleh Ibu Sri Sukesi. Dan sejak tahun
2011 Perpustakaan Citra berubah menjadi Perpustakaan Citra R. Roesman berkat
bantuan dari Bapak Soeroyo Bimantoro dan keluarganya.
Keberadaan
ruang perpustakaan di SMP Negeri 2 Gombong dikatakan sudah cukup memadai. Pada
tahun pelajaran 2005/2006 perpustakaan dipindah tempat dari ruang lama keruang
yang baru. Walaupun sudah menempati ruang baru, lebih besar dan bagus tapi
Perpustakaan Citra R. Roesman
SMP Negeri 2 Gombong masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu masih perlu
pembenahan disana sini untuk meningkatkan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong.
Untuk
tahun pelajaran 2019/2020, Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong
berupaya untuk mengatasi berbagai kekurangan dan kendala yang ada dengan
menyusun rencana/program kerja yang penekanannya pada upaya peningkatan mutu
pendidikan.
A.
DASAR
- Undang-undang nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0103/0/1981 tentang pokok-pokok kebijakan pembinaan dan pengembangan perpustakaan di Indonesia.
B.
VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
Visi
:
-
Menjelajah Dunia dengan Membaca
Misi
:
-
Menciptakan Warga Sekolah yang Gemar
Membaca
Tujuan
:
-
Terwujudnya Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong
yang berkualitas serta berdaya guna dan berhasil guna sesuai kebutuhan.
-
Tercapainya minat baca di SMP Negeri 2
Gombong
-
Tercapainya peningkatan kualitas sumber
daya manusia di SMP Negeri 2 Gombong
-
Terbebasnya masyarakat SMP Negeri 2
Gombong dari ketertinggalan arus informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi
serta keimanan dan ketakwaan.
Sasaran
:
-
Terwujudnya perpustakaan yang
berkualitas serta berdaya guna dan berhasil guna.
-
Tercapainya minat baca masyarakat yang
semakin meningkat.
C.
PROGRAM KEGIATAN
A. Struktur Organisasi (Gambar sesuai dengan perpustakaan masing-masing)
B.
Rincian Tugas Personil
1)
Kepala Sekolah
Kepala
Sekolah bertugas dan bertanggung jawab penuh tentang penyelenggaraan dan
pengajaran yang telah diprogramkan.
2)
Kepala Bagian Perpustakaan Sekolah
a.
Bertugas dan bertanggung jawab penuh
tentang penyelenggaraan dan pengolahan seluruh unit perpustakaan sekolah.
b.
Mengorganisir dan mengkoordinir tata
kerja dan tata hubungan seluruh staff perpustakaan sekolah.
c.
Menetapkan kebijaksanaan – kebijaksanaan
intern yang khusus dalam bidangnya.
3)
Dewan Pustaka
Menyediakan
sarana, memberikan pengarahan/nasehat pertimbangan, kritik kepada kedua bagian
perpustakaan sekolah, baik diminta maupun tidak. Dewan ini terdiri dari
pimpinan sekolah dewan guru, kelompok (bidang studi) yang sejenis, oang tua
murid, orang lain yang memiliki keahlian dan yang berminat.
4)
Urusan Pengadaan
Urusan
Pengadaan Bertugas :
a.
Menambah koleksi perpustakaan
b.
Menyeleksi koleksi perpustakaan
c.
Menerima saran dan permintaan dari pada
pemakai
d.
Memperhatikan dan menanggapi selera
pemakai
e.
Mengadakan kerjasama dengan
instansi-instansi lain
f.
Inventarisasi buku-buku baru
5)
Urusan Pengolahan
Urusan
pengolahan bertugas untuk memproses buku yang diterima sehingga siap digunakan,
yang meliputi :
a.
Membubuhi cap
b.
Menetapkan nomor klasifikasi buku ( call
number )
c.
Membubuhi nomor buku
d.
Menyiapkan kartu catalog, kartu buku,
kantong buku
e.
Buku, kartu tanggal dan sebagainya
6)
Urusan Pemeliharaan
Urusan
pemeliharaan bertugas untuk :
a.
Mangatur buku ( shelving )
b.
Menjaga kebersihan ruang beserta isinya
c.
Menjaga keselamatan buku
d.
Memperbaiki keselamatan buku
e.
Memperbaiki kerusakan-kerusakan buku
f.
Menjilid buku, majalah, surat kabar, dan sebagainya.
7)
Urusan Pelayanan
Bertugas
untuk :
a.
Melayani permintaan kartu anggota
b.
Melayani pengunjung kartu anggota
c.
Melayani peminjaman dan pengambilan
d.
Melayani pegunjung dalam ruang baca
e.
Melakukan penagihan
f.
Nenbuat laporan kegiatan
C.
Program Masing-masing Bidang Kegiatan
a.
Pelayanan Tekhnis
Kegiatan
– kegiatan yang diprogramkan antara lain :
1.
Pengadaan bahan pustaka
2.
Inventarisasi bahan pustaka
3.
Klasifikasi bahan pustaka
4.
Pemberian identitas bahan pustaka
5.
Pemberian kelengkapan bahan pustaka
6.
Penjajaran bahan pustaka
b.
Pelayanan Sirkulasi
Kegiatan-kegiatan
yang diprogramkan antara lain :
1.
Penerimaan anggota baru perpustakaan
2.
Pelayanan peminjaman bahan pustaka
3.
Pelayanan pengambilan bahan pustaka
4.
Pelayanan Layanan referensi
5.
Pelayanan bahan rujukan
c.
Administrasi
Kegiatan-kegiatan
yang diprogramkan antara lain :
1.
Pelaporan statistik pengunjung
perpustakaan
2.
Pelaporan statistik peminjam
3.
Pelaporan statistik buku yang dipinjam
4.
Pengelolaan keuangan perpustakaan
sekolah
5.
Penyampaian laporan keuangan
perpustakaan
6.
Pendataan anggota perpustakaan
7.
Pendataan sarana dan prasarana
perpustakaan
8.
Pendataan koleksi bahan pustaka
perpustakaan
d.
Sarana dan Prasarana
Kegiatan-kegiatan
yang diprogramkan antara lain :
1.
Penggunaan ruangan
2.
Pemeliharaan ruangan
3.
Pengadaan majalah dinding
4.
Pemeliharaan sarana dan prasarana
5.
Pemeliharaan bahan pustaka
e.
Bidang Humas
Kegiatan-kegiatan
yang diprogramkan antara lain :
1.
Konsultasi dengan pihak sekolah
2.
Pengembangan minat baca siswa
3.
Kerja sama dengan perpustakaan sekolah
4.
Pomosi perpustakaan
f.
Bidang Ketatalaksanaan
Administrasi
perpustakaan :
1.
Buku pengunjung perpustakaan
2.
Buku induk/inventaris koleksi
perpustakaan
3.
Buku peminjaman dan pengembalian
4.
Buku keuangan perpustakaan
5.
Buku induk anggota perpustakaan
6.
Buku pembayaran denda
D. Program
Khusus
a.
Study
Banding
Maksud dan tujuan dari studi banding ini
adalah untuk mengetahui perkembangan dan kondisi dari perpustakaan tersebut
dari dekat/perpustakaan yang menjadi tempat studi banding , serta mengetahui
cara bagaimana mengelola perpustakaan yang baik dan benar.
Perpustakaan tematik merupakaan suatu
konsep penataan ruang berdasarkan tema tertentu yang dilaksanakan pada special event.
Tujuannya adalah menjadikan perpustakaan sebagai salah satu sarana belajar
menarik yang dapat merangsang kemampuan siswa baik kognotif, afektif maupun
psikomotor.
Perpustakaan tematik berisi artikel,
selebaran, puisi, gambar, buku-buku khusus, ensiklopedi dan hasil karya anak
yang berhubungan dengan tema pada event tersebut. Kegiatannya meliputi:
pembuatan kliping, puisi, pengumpulan aneka gambar yang berhubungan dengan tema
pada event tersebut. Program ini
akan di laksanakan pada saat Hari Kemerdekaan RI, Hari Besar Keagamaan, dan
Hari Pendidikan Nasional
c.
Hadiah
Memberikan
penghargaan kepada anak didik yang paling sering meminjam buku perpustakaan
sebagai peminjam aktif 1, 2, dan 3 yang dinilai dalam kurun waktu setiap tahun
pelajaran.
Tujuannya
yaitu dalam upaya untuk meningkatkan motivasi
dalam membaca, yang ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar yang sesuai
dengan potensi siswa.
d. Kerjasama
Perpustakaan
Pengertian kerjasama perpustakaan adalah pemanfaatan bersama sumber daya
yang dimiliki perpustakaan dengan perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2
Gombong.
e. Saturday
Open Minded
Program layanan perpustakaan setiap hari Sabtu bagi
masyarakat umum yang ingin mmenjelajah dunia dengan membaca di Perpustakaan
Citra R.Roesman SMP Negeri 2 Gombong.
PENUTUP
- Kesimpulan
Uraian diatas dapat disimpulkan bahwa program
kerja tahunan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong ini menyangkut
3 unsur pokok yaitu manusia sebagai unsur pokok, material sebagai unsur
pendukung pelaksanaan dan program kerja sebagai pedoman/acuan dari setiap
kegiatan
Unsur utama dari pelaksanaan kegiatan
meliputi petugas perpustakaan, guru/karyawan, siswa, kepala sekolah dan pihak
lain seperti pemerintah maupun swasta. Peran serta yang aktif dari semua pihak sesuai
dengan tugas dan fungsinya sangat diharapkan tanpa kerja sama yang baik antara
pihak yang terkait, maka tujuan seperti yang tertera dalam Program Kerja
Tahunan Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong tahun pelajaran 2019/2020
sulit untuk dicapai.
- Saran – saran
a. Progam
kerja tahunan ini harap dipahami oleh semua unsur yang terkait, selanjutnya
dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya
masing-masing.
b. Dengan
diterbitkannya program kerja tahunan sekolah ini diharapkan semua unsur yang terkait
didalamnya dapat mengevaluasi tugasnya masing-masing, baik pada waktu
diperlukan atau pada waktu tertentu secara berkala.
c. Agar
para petugas perpustakaan dapat membantu kepala perpustakaan didalam
mengembangkan dan membina kekeluargaan yang harmonis diantara unsur terkait
dalam melaksanakan tugasnya dapat saling arah, saling asih dan saling asuh.
Sehingga dapat mencerminkan iklim kerja yang kondusif dan pada akhirnya tujuan
perpustakaan dapat tercapai.
Comments
Post a Comment