KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT bahwa laporan triwulan perpustakaan “Citra
R. Roesman” SMP Negeri 2 Gombong telah selesai disusun dan dicetak sebagai
salah satu bentuk pertanggungjawaban institusional kepada kepala sekolah dan
sekaligus sebagai dokumen evaluasi diri bagi perpustakaan untuk upaya perbaikan
yang berkelanjutan di masa mendatang.
Pelaporan
ini memuat 3 hal pokok yaitu (1) Bab 1
Pendahuluan, (2) Laporan Triwulan
Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong Tahun Pelajaran 2019/2020
(3) Bab III Penutup.
Pelaporan
ini dihasilkan dari kerja secara kolaboratif dengan semua petugas yang ada di
Perpustakaan Citra R.Roesman SMP Negeri 2 Gombong agar dapat disajikan secara
faktual dan utuh namun cukup rinci untuk menjadi kajian evaluasi bagi kepala sekolah,
para stakeholder, pengguna serta bagi perpustakaan sendiri.
Besar
harapan kami agar laporan bulanan ini dapat dimanfaatkan untuk kebaikan dimasa
mendatang dan mendapatkan tanggapan berupa kritik dan saran konstruktif bagi
penyempurnaan laporan maupun kebijakan dan program kerja perpustakaan ke depan.
Atas kerjasama semua pihak yang telah membantu tersusunnya laporan ini
diucapkan terima kasih.
Gombong,
Kepala
Perpustakaan
NIP.
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL………………………………………………………………….
|
i
|
KATA PENGANTAR
………………………………………………………………..
|
ii
|
DAFTAR
ISI………………………………………………………………………….
|
iii
|
BAB I
Pendahuluan……………………………………………………………………
|
1
|
BAB II Laporan Triwulan……………………………………………………………..
|
2
|
A.
Anggota
……………………………………………………………………….
|
2
|
B.
Koleksi…………………………………………………………………………
|
2
|
C.
Koleksi Buku Berdasarkan
DDC………………………………………………
|
2
|
D.
Kunjungan dan
Peminjaman……………………………………………………
|
2
|
E.
Sirkulasi
………………………………………………………………………..
|
3
|
F.
Tambahan
Koleksi……………………………………………………………...
|
3
|
G.
Evaluasi
………………………………………………………………………..
|
3
|
BAB III
Penutup……………………………………………………………………….
|
4
|
BAB
I
PENDAHULUAN
Kemajuan global yang terjadi saat ini berjalan
begitu cepat diberbagai bidang kehidupan manusia. Termasuk yang saat ini sangat
penting adalah bidang pendidikan, karena dengan pendidikan seseorang mampu
menjadi manusia yang berkualitas. Salah satu fasilitas pendukung yang dianggap
penting adalah buku. Dan lewat perpustakaan diharapkan suatu ilmu bisa kita
peroleh dengan cara membaca buku. Selain sebagai tempat membaca buku diharapkan
perpustakaan dapat berfungsi sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar, pusat
penelitian, dan rekreasi.
Dalam perjalanannya untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar di SMP Negeri 2 Gombong, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler, SMP
Negeri 2 Gombong mendirikan sebuah perpustakaan sebagai penunjang kegiatan
belajar mengajar. Perpustakaan yang dimiliki oleh SMP Negeri 2 Gombong bernama
Perpustakaan “CITRA ” yang berdiri sejak tahun 1985 dan diprakarsai oleh Ibu
Sri Sukesi. Dan sejak tahun 2011 Perpustakaan Citra berubah menjadi
Perpustakaan Citra R. Roesman berkat bantuan dari Bapak Soeroyo Bimantoro dan
keluarganya.
Keberadaan ruang perpustakaan di SMP Negeri 2
Gombong dikatakan sudah cukup memadai. Pada tahun pelajaran 2005/2006
perpustakaan dipindah tempat dari ruang lama keruang yang baru. Walaupun sudah
menempati ruang baru, lebih besar dan bagus tapi Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri 2 Gombong masih banyak kekurangannya.
Oleh karena itu masih perlu pembenahan disana sini untuk meningkatkan
Perpustakaan Citra R. Roesman SMP Negeri
2 Gombong.
LAPORAN
TRIWULAN PERPUSTAKAAN CITRA R. ROESMAN
SMP
NEGERI 2 GOMBONG
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
TRIWULAN I
I.
ANGGOTA
No
|
Jenis Anggota
|
Jumlah
|
1
|
Guru/karyawan
|
|
2
|
Siswa kelas VII
|
|
3
|
Siswa Kelas VIII
|
|
4
|
Siswa Kelas IX
|
|
Jumlah
|
II.
KOLEKSI
No
|
Jenis Koleksi
|
Jumlah Judul
|
Jumlah eksemplar
|
1
|
Buku Teks/Paket
|
||
2
|
Buku Non Teks
|
||
3
|
Buku Refernsi
|
||
4
|
Majalah
|
||
5
|
Surat Kabar
|
||
6
|
Kliping
|
||
7
|
Kaset VCD
|
||
8
|
Peta
|
III.
KOLEKSI
BUKU BERDASARKAN DDC
KELAS
|
000
|
100
|
200
|
300
|
400
|
500
|
600
|
700
|
800
|
900
|
JUMLAH
|
JUDUL
|
|||||||||||
EKS
|
IV.
KUNJUNGAN
DAN PEMINJAMAN
A.
Pengunjung
No
|
Jenis Anggota
|
Bulan
|
||
Juli
|
Agustus
|
September
|
||
1
|
Siswa
|
|||
2
|
Guru/karyawan
|
|||
3
|
Kepsek
|
|||
4
|
Masyarakat
|
|||
Jumlah
|
B.
Peminjam
No
|
Jenis Anggota
|
Bulan
|
||
Juli
|
Agustus
|
September
|
||
1
|
Siswa
|
|||
2
|
Guru/karyawan
|
|||
3
|
Kepsek
|
|||
4
|
Masyarakat
|
|||
Jumlah
|
V.
SIRKULASI
Jumlah
buku terpinjam : eksemplar
VI.
TAMBAHAN
KOLEKSI
Jumlah
tambahan koleksi : judul eksemplar
Terdiri
dari :
KELAS
|
000
|
100
|
200
|
300
|
400
|
500
|
600
|
700
|
800
|
900
|
JML
|
JUDUL
|
|||||||||||
EKS
|
VII.
EVALUASI
Penambahan
buku di triwulan I hanya di bulan Juli 2019.
Terjadi penurunan peminjam dan
pengunjung di bulan September
|
Dikarenakan
terdapat kegiatan UTS 1, kegiatan jeda semester, dan
|
Kegiatan
kemah di karang bolong.
|
Gombong,
Kepala
Sekolah Kepala
Perpustakaan
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment